Laman

Senin, 23 Agustus 2010

Sujud itu sbg sumber kekuatan

Sobat....dalam islam, ada satu gerakan ibadah, yang memiliki makna dan faedah yg luarbiasa. Dialah sujud dalam solat. Sebuah gerakan yang menghadapkan kenig wajah, hidung, tangan, lutut dan kaki ke atas tanah. Gerakan ini dalam berbagai kajian, baik medis, spiritualis atapun yg lainnya diakui memiliki byk faedah...


Salah satu makna yg diakui byk ahli adalah, bhw sujud merupakan bentuk pengakuan akan kelemahan diri kita sebagai manusia, yg sebaliknya harus mengagungkan Alloh sebagai dzat yg paling kuat dan kokoh (al matin). Dengan gerakan sujud, wajah yg sering kita sombongkan karena harta, keturunan,kedudukan, dipaksa hina dengan mencium tanah yg menjadi tempat ijakan kaki, bahasa lain terinjak-injak. Hina disina hny kepada Alloh, bukan ke lainnya. Oleh karena itu, satu-satunya perbuatan yg paling dibenci syetan sepanjang zaman adalah gerakan sujud manusia dalam solat.

Sobat,.
Dalam hidup yg serba penuh kompetisi, kita dituntut bertahan. Sebagai manusia kita diwajibkan utk mampu menjawab tantangan, agar tidak musnah dan tertelan oleh deru debu kehidupan yg semakin tidak bersahabat. Salah satu tantangan yg dianggap paling besar adalah keberlangsungan ekonomi. Telah banyak saudara yg kita yg memilih bunuh diri sebagai akibat ketidakkuatan mempertahankan ekonomi atau yg biasa kita dengar adalah terjebak dalam kemiskinan yg menyengsarakan.Tidak punya biaya makan, byr listrik, sekolah anak, dan lain sebagainya. Lalu apa hubungannya dengan sujud ??

Sobat...
Sujud telah diciptakan Alloh sebagai alat komunikasi tercepat dan tercanggih. Alloh berjanji bhwa setiap hamba yg berdoa dan meminta dalam sujud, pasti kan dipenuhi. Ini merupakan tawaran yg luarbiasa. Bukan kita yg minta, tapi Alloh sendiri yg menjanjikan. Maka sungguh celaka manakala tawaran itu sudah terbentang, tapi kita masih ragu padanya sedang ragu itu pasti dari syetan yg terkutuk..

Sobat..
apapun masalah yg kita hadapi, terkena PHK, istri sewot, anak bandel, penghasilan menurun, teman menjauhi, diuber tagihan, dan lain sebagainya yakinlah bisa diselesaikan dengan memperbanyak sujud dalam sholat..bisa jadi semua masalah itu timbul karena kesombongan kita. Dan salah satu bentuk kesombongan itu ialah tidak meminta pada yg berhak dimintai yaitu Alloh...kenapa kita enggan meminta, kenapa kita enggan bersujud ? itulah masalah yg sesungguhnya harus kita selesaikan...boleh percaya akal, tapi akal manusia sangat amat terbatas kemampuannya, sedang permasalah hidup sangat beragam jenis dan jumlahnya, mari kita serahkan pada yang membuat hidup untuk menyelesaikannya...mengaturnya dan membereskannya..

Sobat,
Cobalah dan cobalah, meyakini kemudian mengamalkan sujud sebagai gerakan yg terbaik untuk kita lakukan demi turunnya penyelesaian masalah dari Alloh..yakinlah !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar